Jumat, 07 Juni 2013


Kali ini saya akan membahas tentang monitor. Saya akan berikan penjelasan secara singkat saja tentang ini.
SEJARAH MONITOR
Pada saat komputer pertama beroperasi pada tahun 1938, monitor yang sudah berusia 83 tahun dan pengembangannya masih berlangsung sampai saat ini.
Perkembangan monitor computer yang digunakan saat ini sebenarnya terbagi dua fase. Fase pertama pada tahun 1855 ditandai dengan penemuan tabung sinar katoda oleh ilmuwan dari Jerman, Heinrich Geibler.Ia merupakan bapak dari monitor tabung. Lalu, 33 tahun kemudian, ahli kimia asal Austria, Friedrich Reinitzer, meletakkan dasar pengembangan teknologi LCD dengan menemukan kristal cairan. Teknologi tabung sejak awalnya memang dikembangkan untuk merealisasikan monitor. Namun, Kristal cairan masih menjadi fenomena kimiawi selama 80 tahun berikutnya. Saat itu, tampilan atau frame rate pun belum terpikirkan. Waktu itulah yang merupakan fase kedua dari tahap pengembangan monitor komputer.
Selama ini, banyak yang menganggap bahwa Karl Ferdinand Braun sebagai penemu tabung sinar katoda. Sebenarnya, ia merupakan pembuat aplikasi pertama untuk tabung, yaitu osiloskop pada tahun 1897. Perangkat inilah yang menjadi basis pengembangan perangkat lain, seperti televisi. Pada tahun yang sama, Joseph John Thomson menemukan elektron, yang mempercepat pengembangan teknik tabung.

PENGERTIAN MONITOR CRT
Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis. Monitor yang juga disebut sebagai “computer display” merupakan komponen output personal komputer yang digunakan untuk me`nampilkan teks atau gambar ke layar sehingga dapat dinikmati oleh pemakai. Kata monitor sebenarnya adalah sebuah istilah dari bahasa Latin yang artinya untuk pengingat atau penyiaran.
Definisi tabung sinar katoda. Tabung sinar katoda disingkat CRT (Cathode ray tube). Tabung sinar katoda merupakan tabung lucutan electron untuk mengubah sinyal listrik ke suatu pola tertentu pada layar. Tabung sinar katoda ini merupakan dasar dari Osiloskop Sinar Katoda atau dalam bahasa Inggrisya adalah Cathode ray Oscilloscope (CRO) dan pesawat penerima televisi. Tabung ini terdiri dari filament panas yang menghasilkan berkas electron. Electron ini dipusatkan pada layar pendar oleh medan magnet dan medan listrik, sehingga memberikan suatu gerakan kecil cahaya atau noktah.
Monitor CRT adalah komponen output personal komputer yang menggunakan tabung sinar kathoda untuk menampilkan informasi yang dikirim dari CPU sehingga dapat  di lihat oleh pengguna.

Terimakasih Telah Membaca Artikel ini.

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi semua orang. semoga yang membaca bertambah ilmunya, dan yang membuat artikel ini selalu diberi kemudahan dalam membuat artikel selanjutnya. Aamiiin...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Search

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Saya saat ini sedang bersekolah di SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta atau biasa disebut dengan STM Pembangunan Yogyakarta (STEMBAYO). Saya duduk di kelas 10 di jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ).

Pengikut

Visitors

Flag Counter

- Copyright © Farez Zone -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -